Kamis, 08 November 2012

IPTEK dan Lingkungan






Identifikasi masalah kependudukan yang berdampak negatif terhadap lingkungan

Dalam mengatasi masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar penduduk, banyak hal-hal yang perlu diatasi. Ada yang berdampak positif dan ada  pula yang berdampak negatif. Karena hal itu sangat penting untuk menghindari masalah yang bisa sangat serius jika tak ditanggulangi mulai dari sekarang. Untuk mengatasi permasalahan yang berada dalam lingkungan. Terlebih dahulu kita melihat hal-hal yang merugikan lingkungan sekitar penduduk lingkungan tersebut. Apapun permasalahan yang ada dalam kependudukan yang dialami oleh masyarakat kota maupun desa hampir sama. Tergantung bagaimana cara mengatasi permasalahan-permasalahan lingkungan tersebut.
Jika dilihat dari kenyataannya memang sulit dan susah  untuk mengatasi permasalah  kependudukan. Tetapi harus berpikir positif untuk menghasilkan sesuatu yang indah dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar lingkungan tersebut. Dengan adanya inisiatif yang cemerlang dan ide-ide kreatif yang dapat membangun terciptanya suasana yang nyaman dan tenang. Peran masyarakat juga sangat penting untuk membantu terciptanya suasana yang diinginkan.
Satu hal yang perlu diingat terus menjaga lingkungan dan jangan membuang sesuatu yang tidak pada tempatnya. Kesadaran bersama juga sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tersebut. Lingkungan yang indah tercipta dari diri pribadi seseorang bukan dari orang lain atau pemerintah setempat. Jadi permasalahan penduduk dapat teratasi jika masing-masing individu dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab untuk menjaga lingkungan. Agar suasana yang nyaman itu bisa dirasakan bersama.
Adapun masalah-masalah kependudukan yang berdampak negatif itu adalah sebagai berikut :
a)      Membuang sampah tidak pada tempatnya
b)      Menebang pohon (khususnya dihutan) tidak ditanam kembali
c)       Banyaknya bangunan liar sehingga merusak pemandangan dan lingkungan
d)      Pembanguna liar yang berada di pinggir kali atau sungai yang dapat memperkeruh lingkungan
e)      Banyaknya angkutaan transportasi ( kendaraan pribadi atau umum ) yang mengakibatkan polusi udara
f)       Kurangnya penghijauan di pinggir jalan raya ataupun ditaman kota
g)      Banyaknya industry yang menyebabkan pencemaran lingkungan dari asap dan limbah industri
Semua permasalahan tersebut dapat teratasi jika adanya kesadaran yang tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugas dan kewajiban-kewajiban masing-masing individu sebagai makhluk hidup yang berpikir positip. 

“ Budayakan selalu hidup bersih dan menjaga lingkungan sekitar mulai dari diri pribadi sendiri”






Identifikasi berbagai IPTEK yang keberadaanya secara langsung atau tidak langsung dalam meningkatkan daya dukung lingkungan

Dunia teknologi memang sangat penting, khususnya dunia elektronika dan teknologi informasi, dalam meningkatkan pelayanan masyarakat dalam menjaga lingkungan. Keberadaan teknologi yang semakin pesat dan semakin mendunia. Tak heran jika teknologi informasi sangat dibutuhkan masyarakat karena lebih mudah dan simpel daripada secara manual. Kalau kita bisa memprediksi perkembangan teknologi masa depan, begitu sangat majunya teknologi sekarang ini. Sampai saat ini manusia sangat tergantung pada kemajuan teknologi. Karena jika kita tak mengenal teknologi maka dalam istilah dunia sekarang adalah (Gamtek).
IPTEK sudah menjamur dan menjadi kebutuhan yang sangat penting. Mulai dari anak-anak sampai - sampai pada yang tua sekalipun sudah mulai mengenal akan adanya teknologi. Sebagai contoh kecilnya saja penggunaan Hpe, dulu hpe itu sangat langka dan susah dicarinya,dan juga Hpe begitu besar yang hanya bisa dibuat sms dan telepon. Tetapi sekarang ini Hpe sudah begitu simpel dan banyak berbagai fitur yang dapat mempermudah bagi penggunanya. Mulai dari kameranya sampai ke dunia internet, dapat mengaksesnya dengan sangat mudah dan cepat tidak begitu lama.
Jika dihubungkan dengan lingkungan sekitarnya. Maka teknologi sangat penting untuk mempermudah dalam menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang bersih dan nyaman seperti yang diharapkan setiap diri individu masing-masing. Contohnya saja seperti saat hujan deras yang dapat mengakibatkan banjir. Bagaimanapun peran teknologi sangat penting untuk mendeteksi curah hujan yang berada dalam bendungan supaya bendungan tidak jebol yang mengakibatkan banjir yang sangat besar. Dan penggunaan teknologi itu sendiri di lingkungan sekitar memang sangat penting terutama untuk mempermudah mengatasi masala-masalah yang sampai saat ini belum terpecahkan.
Bahkan di kota besarpun penggunaan teknologi untuk mengatasi masalah-masalah yang setiap hari ditemui. Terutama polusi kendaraan yang mengakibatkan banyak penyakit, karena limbah pabrik dan asap kendaraan. Kalau kita lihat juga yang sampai saat ini masih belum teratasi adalah masalah sampah yang setiap harinya menggunung yang menyebabkan banyak penyakit yang timbul dari sampah itu sendiri.
Menurut saya dalam dunia elektronika akan banyak penemuan-penemuan yang sangat berarti, khususnya dalam mengatasi lingkungan yang semakin hari semakin parah. Yaitu menurut saya adalah menciptakan alat yang dapat mengatasi polusi udara sehingga polusi udara yang berada disekitar lingkungan menjadi bersih. Dan juga ada lagi yaitu menciptakan tempat sampah yang dapat mendaur ulang sendiri jika kita masukkan sampah ke tempat sampah tersebut. Sesuai dengan bahan yang digunakan yaitu jika sampah itu bukan organic ataupun unorganik tempat sampah itu akan berbunyi sendiri.
Adapun dunia IPTEK yang dapat mendukung permasalahan lingkungan adalah :
a)      Tempat sampah yang dapat daur ulang secara elektrik
b)      Listrik tenaga surya atau solar cell
c)       Mobil listrik yang ramah lingkungan
d)      Kendaraan berbahan bakar air
e)      Kemasan makanan yang dapat dengan mudah didaur ulang
f)       Pemanfaatan tinja yang berguna sebagai pembangkit tenaga listrik
g)      Kincir angin sebagai pembangkit tenaga listrik
h)      Alat elektronika yang dapat menyerap polusi kendaraan
i)        Alat elektronika yang dapat mendeteksi pencemaran limbah industry sehingga menjadi netral
Itu hanyalah sebagian kecil dari alat-alat elektronika yang dapat berguna untuk mengatasi masalah-masalah yang berada dalam lingkungan. Sehingga dapat mengurangi dan bahkan bisa mengatasi permasalah yang timbul dari lingkungan itu. Dan juga untuk mempermudah dan membantu masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan tersebut. Sehingga lingkungan tersebut tetap indah dan rapi. Dan tidak menimbulkan banyak berbagai masalah lingkungan.

“Manfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin untuk kepentingan bersama”




Written : Budi Santoso
School : University of Gunadarma

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar